Jumat, 16 September 2016

Faktor dan Gejala Globalisasi - Antropologi

1. Faktor-Faktor Penyebab Globalisasi

  1. Faktor Ekstern
    Faktor ekstern munculnya globalisasi berasal dari luar negeri dan perkembangan dunia. Faktor tersebut sebagai berikut.

  1. Perkembangan IPTEK.
  2. Penemuan sarana komunikasi yang semakin canggih.
  3. Kesepakatan internasional tentang pasar bebas.
  4. Modernisasi atau pembaruan di berbagai bidang yang dilakukan negara-negara di dunia memengaruhi negara lain untuk mengadopsi atau meniru hal yang sama.
  5. Keberhasilan perjuangan prodemokrasi di beberapa negara di dunia sedikit banyak memberi inspirasi bagi munculnya tuntutan transparansi dan globalisasi di sebuah negara.
  6. Meningkatnya peran dan fungsi lembaga-lembaga internasional.
  7. Perkembangan HAM.

  1. Faktor Intern
    Faktor ekstern munculnya globalisasi berasal dari dalam negeri. Faktor tersebut sebagai berikut.

  1. Ketergantungan sebuah negara terhadap negara-negara lain di dunia.
  2. Kebebasan pers.
  3. Berkembangnya transparansi dan demokrasi pemerintahan.
  4. Munculnya berbagai lembaga politik dan lembaga swadaya masyarakat.
  5. Berkembangnya cara berpikir dan semakin majunya pendidikan masyarakat.

2. Gejala Globalisasi
     Ritzer (dalam Martono, 2012:99) menjelaskan gejala globalisasi dengan berberapa konsep, yaitu :

  1. Globalisasi versus Glokalisasi
    Globalisasi dapat dilihat sebagai sebuah ekspansi (perluasan) dari kebiasaan-kebiasaan umum (homogenitas).
    Glokalisasi meliputi interaksi dari banyak budaya lokal dan global untuk menciptakan sejenis karya tiruan atau sebuah campuran yang menimbulkan sebuah homogenitas yang sering dihubungkan dengan imperalisme budaya untuk menempatkannya dalam cara lain.
    Contohnya, sebuah logo tim sepak bola dari luar negeri yang terdapat dalam batik Pekalongan dan beberapa batik daerah lainnya. ( blog.unnes.ac.id )
  2. Kapitalisme
    Perusahaan-perusahaan kapitalis yang berupaya untuk memperluas ekspansi pasar agar tidak gulung tikar dengan memasuki negara-negara lain misalnya, Freeport, Epson Mobil, Petronas, Carrefour, dll.
    3. McDonaldisasi
    Adalah sebuah proses yang sesuai dengan prinsip-prinsip restoran cepat saji yang semakin lama semakin mendominasi berbagai sektor dari masyarakat Amerika ke sejumlah masyarakat lainnya di seluruh dunia misalnya, McDonlad’s, KFC, dll.


    4. Amerikanisasi
    Dapat diartikan sebagai proses pengembangbiakan ide-ide, kebiasaan, pola-pola sosial, industri, dan model Amerika ke seluruh dunia misalnya, wisata baru di Kenpark Surabaya yaitu Atlantis Land Park.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar