Jumat, 16 September 2016

Resensi Novel Negeri Van Oranje




Judul Resensi  : Alur Cerita yang Menarik

Judul Buku      : Negeri Van Oranje

Penulis             : Wahyuningrat, Adept Widiarsa, Annisa Rijadi, Rizki Pandu Permana

Peberbit           : PT. Bentang Pustaka

Cetakan ke      : Tiga pada Oktober 2014

Resensi            :

            Penulis ‘Negeri Van Oranje’ seperti menceritakan pengalamannya sendiri selama kuliah di Belanda. Hal tersebut bisa terlihat dari penjelasan singkat tentang penulis. Dalam novel ini diceritakan lima mahasiswa Indonesia yang merantau ke Eropa untuk mengejar gelar S-2. Pernah dalam pikiran mereka terlintas untuk apa pulang ke Indonesia? Mereka menjalani susah senangnya dengan keteguhan hati. Mulai dari harus tidur malam karena paper, kurang tenaga karena harus mengayuh sepeda bolak-balik kampus berkilo-kilo meter, bekerja paruh waktu karena kekurangan uang, hingga persoalan sulit mengenai cinta dalam persahabatan mereka. Persamaan nasib mahasiswa rantauanlah yang menjalin erat persahabatan mereka.

            Penjabaran ceritanya sangatlah masuk akal. Mereka mahasiswa rantau menjalani apa yang menjadi tujuannya dengan penuh susah payah dan akhirnya bisa meraih titik puncaknya, keberhasilan mencapai gelar S-2 dan pekerjaan yang sesuai jurusannya. Menariknya cerita ini memperlihatkan bagaimana kehidupan mahasiswa rantau di Eropa dan keadaan Negeri Van Oranje tersebut.
            Tetapi ada juga beberapa paragraf yang sulit dipahami jalan ceritanya. Pembaca harus meniliti makna perkalimat yang ingin disampaikan penulis, sehingga pembaca faham. Tetapi penulis memberikan keringanan dalam paragraf berikutnya untuk memahami jalan cerita paragraf yang sulit dipahami sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar